Berikut ini yaitu RPP alias Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 hasil Bimtek Pelaksanaan K13 di Kabupaten Jember. Adapun RPP ini merupakan LK penyusunan RPP yang dilakukan oleh penerima Bimtek yang dipandu eksklusif Instruktur.
Selanjutnya, RPP ini sudah mengalami perbaikan lantaran menjadi materi dan disusun ulang dalam pelaksaan In Service terlaksanakan Kuikulum 2013 sebagai tindak lanjut Bimtek K13 Bahasa Indonesia yang sebelumnya dilaksanakan di SMPN 3 Bangsalsari, lalu In Service dilaksanakan di kluster SMPN 2 Wuluhan. RPP ini juga dipakai sebagai RPP dalam On Service yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Plus Raudlatut Tholabah, Jenggawah.
Berikut ini RPP Teks Cerita Fantasi yang tidak ada yang kurang:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama Ma’arif 08 Ampel
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII/I
Materi Pokok : Teks Fantasi
Alokasi waktu : 6 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam diberinteraksi secara dampak dan imbastif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
1 | 3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar. | 3.4.1Merinci struktur dongeng fantasi 3.4.2Menyimpulkan karakteristik bagian-bagian pada struktur dongeng fantasi(orientasi, komplikasi, resolusi). 3.4.3Menelaah hasil metidak ada yang kurangi dongeng fantasi dari segi struktur dongeng fantasi. 3.4.4 Memperbaiki dongeng fantasi dari segi diksi dan kalimat bercengkrama, kesalahantanda baca. 3.4.5Mengomentari dongeng fantasi dari segi struktur dan bahasanya. |
2 | 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk dongeng imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan. | 4.4.1Merencanakan pengembangan cerita fantasi 4.4.2Menulis dongeng fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, ketidak ada yang kuranganstruktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan |
C.Tujuan Pembelajaran
1. Setelah membaca teks dongeng fantasi penerima didik bisa merinci struktur teks fantasi dengan sempurna .
2. Setelah bertanya balasan peserta didik bisa menyimpulkan karakteristik bab –bagian pada struktur dongeng fantasi (orientasi, komplikasi dan resolusi ) dengan benar.
3. Setelah berdiskusi dengan teman penerima didik menelaah hasil metidak ada yang kurangi dongeng fantasi dari segi struktur dongeng fantasi dengan tepat.
4. Setelah menelaah cerita fantasi peserta didik mampu memperbaiki dongeng fantasi dari segi diksi dan kalimat bercengkrama, kesalahan tanda baca dengan teliti.
5. Setelah mengamati hasil diskusi kelompok lain penerima didik mampu mengomentari cerita fantasi dari segi struktur dan bahasanya dengan tepat.
6. Setelah mengomentari teks dongeng fantasi penerima didik mampu merencanakan pengembangan dongeng fantasi dengan benar.
7. Setelah mengembangkan teks dongeng fantasi penerima didik mampu menulis dongeng fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, ketidak ada yang kurangan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan.
D.Materi
1. Pengetahuan Faktual
Lampiran Materi Berupa Contoh Teks Cerita Fantasi: Bisa dilihat di sini.
2. Pengetahuan Konseptual
Pengertian dongeng fantasi adalah Cerita fantasi yaitu dongeng fiksi bergenre fantasi (dunia imajinatif yang diciptakan penulis). Pada dongeng fantasi hal yang mustahil dijadikan biasa. Tokoh dan latar diciptakan penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dunia nyata. Tema fantasi yaitu majic, supernatural atau futuristik.
Unsur-unsur / bagian-bagian dongeng fantasi, antara lain:
a. orientasi mencakup pengenalan tokoh, latar, susila tokoh dan konflik
b. komplikasi meliputi hubungan lantaran akhir sehingga muncul duduk kasus sampai duduk kasus itu memuncak
c. resolusi mencakup penyelesaian duduk kasus dari konflik yang terjadi
3. Pengetahuan Prosedural
Langkah-langkah menulis teks fantasi
1. Membaca teks fantasi
2. Menentukan Tokoh, Latar Tempat, Waktu, Alur,
3. Menentukan bab teks, meliputi: orientasi, komplikasi dan resolusi
4. Merangkai dongeng fantasi dengan memerhatikan kaidah pengunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
4.Pengetahuan Metakoginitif
1. Menelaah struktur dan kebahasaan dongeng fantasi
E. Metode Pembelajaran
Kontekstual (Inquiri) Konstruktivisme
Komunitas Learning
F. Media Pembelajaran
Teks Fantasi
G. Sumber Belajar
Harsiati ,Titik, dkk.2016. Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016. Jakarta :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .
Harsiati ,Titik, dkk.2016. Buku Guru Bahasa Indonesia Edisi Revisi 2016 .Jakarta :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .
H. Langkah –Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran | Langkah-langkah Pembelajaran | Waktu |
Pertemuan 1 | ||
Penlampauan | 1. Guru memberikan salam dan mengajak Peserta Didik untuk berdoa. 2. Guru mepresensi Peserta Didik 3. Guru bertanya kesiapan Peserta Didik 4. Guru memdiberi motivasi pada Peserta Didik 5. Guru bertanya balasan mengenai teks fantasi 6. Guru memberikan tujuan pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai. 7. Guru Menyampaikan langkah–langkah acara belajar 8. Guru membentuk kelompok yang beranggotakan 4-5 Peserta Didik | 20 menit |
Inti | 1. Peserta Didik mengamati teks dongeng yang berjudul “Belajar dengan Gajah Mada” yang disajikan oleh guru. (Teliti) 2. Peserta Didik mengajukan pertanyaan dengan menyebutkan ciri-ciri pembangun yang ada pada teks dongeng fantasi. (Percaya Diri) 3. Peserta Didik dalam kelompok mencari acuan untuk menjawaban pertanyaan. (Kreatif) 4. Peserta Didik mendiskusikan hasil temuan. (Kerja sama) 5. Peserta Didik menyusun struktur teks yang dibaca dalam bahasa yang baik dan benar. (Cermat) 6. Peserta Didik mengkomunikasikan hasil diskusinya. (Percaya Diri) | 90 menit |
Penutup | 1. Guru dan Peserta Didik tolong-menolong menyimpulkan wacana acara pembelajaran hari ini. 2. Guru mengaitkan materi yan telah dipelajari dengan kehidupan sehari-hari 3. Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan diberikutnya. 4. Salam dan doa penutup. | 10 menit |
Pertemuan II | ||
Penlampauan | 1. Guru memdiberikan salam dan mengajak berdoa. 2. Guru melaksanakan komunikasi wacana kemunculan Peserta Didik. 3. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali acara pembelajaran serta menyapa anak. 4. Guru mengajak Peserta Didik mengingat kembali pelajaran wacana materi sebelumnya 5. Guru memberikan tujuan pembelajaran hari ini. 6. Guru meminta untuk berkumpul dengan kelompok yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya . | |
1). Mengamati Peserta Didik membaca Teks dongeng fantasi yang didiberikanolehguru. (Teliti) 2)Menanya Peserta Didik mengajukan pertanyaan wacana hal-hal yang kurang dipahami dari teks dongeng fantasi yang telah dibaca . (Santun) 3)mengumpulkan data (mencoba) Peserta Didik mencatat hal-hal yang belum dipahami dalam teks dongeng fantasi. (Cermat) 4)Menalar (menganalisis data ) Peserta Didik menceritakan kembali dongeng fantasi yang telah dibaca dalam bentuk tulisan dengan bahasa sendiri. (Kreatif) 5) Mengkomunikasikan Peserta Didik menceritakan kembali teks dongeng fantasi yang sudah dibaca dengan bahasa sendiri secara mulut di depan kelas. (Percya Diri) | ||
Penutup |
|
I. Pepenilaianan Proses dan Hasil Belajar
1. Teknik Pepenilaianan Sikap Spiritual/Sosial
a. Teknik pepenilaianan : observasi
b. Bentuk instrumen : lembar observasi
c. Kisi –kisi :
§ Sosial
Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1
No | Waktu | Nama Peserta Didik | Catatan Perilaku | Butir Sikap | Ttd. | Tindak Lanjut |
1. | 31 Mei 2017 | Imron M. | Terlambat | Kedisiplinan | Didiberi pelatihan biar ludang keringh disiplin | |
§ Pedoman Pepenilaianan Pengetahuan
Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1
Tahun pelajaran :
NO | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik pepenilaianan |
1 | 3.4 Menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi) yang dibaca dan didengar. | Teks Cerita Fantasi | 3.4.1Merinci struktur dongeng fantasi 3.4.4 Memperbaiki dongeng fantasi dari segi diksi dan kalimat bercengkrama, kesalahantanda baca. | Tes Tulis |
§ Pepenilaianan Keterampilan
Nama sekolah :
Kelas/semester : VII/1
Tahun pelajaran :
NO | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator | Teknik pepenilaianan |
2 | 4.4 Menyajikan gagasan kreatif dalam bentuk cerita imajinasi secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, penggunaan bahasa, atau aspek lisan. . | Teks Cerita Fantasi | 4.4.2Menulis dongeng fantasi dengan memperhatikan pilihan kata, ketidak ada yang kuranganstruktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan | Tes mulut |
2. Instrumen Pepenilaianan
a. Tes tulis
1. Sebutkan ciri atau karakteristik ,bagian struktur dongeng fantasi !
Kunci Jawaban :
Orientasi, komplikasi, dan resolusi
2. Tentukan penggunaan bahasa yang ada dalam teks dongeng fantasi !
Kunci Jawaban
1) Penggunaan kata ganti dan nama orang sebagai sudut pandang penceritaan (aku, mereka, dan ia )
2) penggunaan kata yang mencerap panca indra untuk diskripsi latar (tempat,waktu dan suasana)
- Rublik Pepenilaianan
Soal nomor 1
No | Deskripsi | Nilai |
1 | Peserta Didik sanggup menyebutkan 3 bab teks dongeng fantasi | 3 |
2 | Peserta Didik sanggup menyebutkan 2 bab teks dongeng fantasi | 2 |
3 | Peserta Didik sanggup menyebutkan 1 bab teks dongeng fantasi | 1 |
4 | Peserta Didik tidak bisa menyebutkan bab teks dongeng fantasi | 0 |
Soal nomor 2
No | Deskripsi | Nilai |
1 | Peserta Didik sanggup memilih kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak ada yang kurang | 3 |
2 | Peserta Didik sanggup menyebutkan kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan kurang tidak ada yang kurang | 2 |
3 | Peserta Didik sanggup menyebutkan kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak tidak ada yang kurang | 1 |
4 | Peserta Didik tidak sanggup menyebutkan kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak ada yang kurang | 0 |
Soal nomor 3 keterampilan
No | Deskripsi | Nilai |
2 | Peserta Didik sanggup memilih kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak ada yang kurang | 3 |
Peserta Didik sanggup menyebutkan kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan kurang tidak ada yang kurang | 2 | |
Peserta Didik sanggup menyebutkan kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak tidak ada yang kurang | 1 | |
Peserta Didik tidak sanggup menyebutkan kata ganti dan kata untuk mencerap panca indra untuk deksripsi latar dengan tidak ada yang kurang | 0 |
Materi Pengayaan dan Remidial
1. Pengayaan : Menyunting dongeng dari segi bahasa
2. Remidial : begian-bagian teks fantasi dan menuliskan kembali dongeng fantasi
Jember, ..............................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Burhanuddin Sri Endang Wahyuni, S.Pd
Demikian Contoh RPP Teks Cerita Fantasi Lengkap untuk siklus 2, semoga berguna dan memdiberikan citra dalam menyusun RPP Teks Cerita Fantasi di Sekolah.
Advertisement